Sabtu, 15 Maret 2014

SUFI NYELENEH VS SALAFI SHOLEH

Judul : Sufi Nyeleneh VS Salafi Sholeh
Penulis : Abu Mujahid
Penerbit : Toobagus Publising
Harga : Rp. 70.000,-
Harga Hemat : Rp. 56.000,-

Masih membaca buku-buku teks sejarah Indonesia yang banyak beredar sekarang ini? Percaya apa yang ditulis tentang Islam di Indonesia didalam buku-buku itu?

Jika ya, akan terbaca bahwa kaum sufi memiliki peran besar dalam islamisasi di Nusantara. Merekalah yang ditulis sebagai para penerus usaha islamisasi sampai pelosok-pelosok Nusantara yang semula hanya terbatas pada bandar- bandar niaga, kota-kota pesisir.


Jika pembacaan itu diteruskan, akan kembali ditemukan bahwa yang banyak berperan secara khusus dalam proses itu adalah sufi-sufi dari tarekat Syattariyah. Fleksibilitas anggota-anggota tarekat Syattariyah dalam menjalankan Islam membuat banyak penduduk pedesaan banyak tertarik pada Islam, meskipun tentu saja disatu sisi tidak total melepaskan keyakinan kuno mereka.

Buku-buku teks sejarah itu, ternyata berbicara juga tentang perseteruan antara kaum Sufi dan mereka yang disasar sebagai Wahabi (Wahhabi). Ya, sebuah perseteruan yang panjang dan lama dalam sejarah Islam di Indonesia. Sebuah perseteruan yang sering disederhanakan menjadi tradisional versus modernis.

Buku ini semacam tanggapan yang bersifat eksplanatif atas apa yang ditulis dalam Sufi "ndeso" VS Wahabi Kota. Berusaha berbicara tentang apa yang terjadi ditengah kubu Sufi ndeso dan Wahabi kota sekarang. Sufi nyleneh Versus Salafi Sholeh ini, jelas, berisi cerita yang masih terus berjalan.

0 komentar:


Posting Komentar